Kamis, 07 Maret 2019

HATI-HATI DALAM BERKOMUNIKASI

JANGAN SAMPAI GAGAL PAHAM...!



Mohon Hati-Hati Dalam Berkomunikasi, Menjelang Pileg dan Pilpres 2019 ini, Yang Suhu Politiknya Terus Meningkat. Dengan penyampaian langsung saja bisa salah tafsir apalagi tulisan.

Contoh :

Mukidi punya hobi pelihara burung. Jenisnya ber macam macam. Di suatu pagi, burungnya hilang semua

Merasa ulah si Maling udah keterlaluan, Mukidi berencana untuk membawa masalah tersebut ke acara pertemuan warga se Kelurahan

Sekitar 200 warga hadir.   Ada bapak bapak dan Ibu ibu.

Mukidi pun memulai acaranya, dan setelah bicara panjang lebar soal moral dan Situasi Politik menjelang Pilpres.

Mukidi bertanya :

"Siapa yang punya burung, berdiri..??"

Semua bapak bapak yang hadir segera berdiri.

Mukidi buru-buru berkata:

"Bukan itu maksud saya.
Maksud saya adalah siapa yang pernah lihat burung ??"

Seluruh ibu-ibu berdiri...

"Wah gawat" pikir  Mukidi. Dengan muka merah dia berkata :

"Maksud saya siapa yang pernah lihat burung bukan miliknya...??"

Separuh wanita berdiri.

Muka Mukidi makin merah dan merasa serba salah sehingga makin gugup. Segera berkata lagi :

"Maaf sekali lagi,, bukan ke arah situ pertanyaan saya. Maksud saya itu siapa yang pernah lihat burung saya?"

Segera 5 wanita berdiri.

Mukidi langsung lari pontang panting karena dikejar istrinya sampe ke semak-semak...

Itulah contoh bahayanya salah persepsi dalam komunikasi...

Melamat Mencerdaskan Anak Bangsa...!

Ingat !!!

Hati-hati berkata-kat atau menulis supaya tidak salah persepsi...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar